by

Semangat! Ribuan Pesilat Cilik Tingkat SD ikuti Kejuaraan JKTC 2022

Jakarta – Kejuaraan pencak silat bertajuk Jakarta Pencak Silat National Championship (JKTC) 2022 diikuti oleh ribuan pesilat mulai dari usia dini hingga remaja di GOR POPKI Cibubur, Jakarta Timur.

Ketua Pelaksana, Eka Ardiana menjelaskan bahwa pesilat yang mengikuti kejuaraan ini sebanyak 3.499 peserta yaitu SD 1.640 peserta, SMP 1.365 peserta dan SMA 494 peserta.

“Karena dua tahun tidak bertemu (kejuaraan) jadi animo masyarakat langsung meningkat, jadi mereka itu rindu akan event JKTC” tuturnya.

Eka melanjutkan bahwa pihaknya berharap kejuraan ini dapat dinikmati oleh anak-anak sebagai kegiatan positif yang menyenangkan dan menyehatkan, khususnya bagi yang baru mengenal silat.

Lebih lanjut, salah satu peserta tingkat sekolah dasar (SD), Jasmine Karima Firmansyah, menuturkan bahwa dirinya berlatih setiap hari untuk mempersiapkan di kejuaraan ini.

“Aku semangat, tidak grogi dan senang ikut silat ini” tutur Jasmine yang mewakili SDI Al Azhar 17 Bintaro, Tangerang Selatan, Banten.

Jasmine sendiri mengikuti kejuaraan di nomor Solo Kreatif tingkat SD melalui gerakan-gerakan jurus silat yang sudah ia pelajari selama ini.

Diketahui, kejuaraan ini berlangsung 14-16 Oktober 2022 yang diikuti dari berbagai provinsi di Indonesia antara lain DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, bahkan terdapat satu peserta yang berasal dari Ceko.

Kejuaraan ini resmi dibuka oleh Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI, Raden Isnanta, Sabtu (15/10/2022). Dalam kesempatan tersebut, Isnanta menyampaikan dukungan dan apresiasi atas kegiatan ini melihat tingginya antusiasme terhadap olahraga asli Indonesia.

“Pencak silat tidak hanya milik Indonesia, tetapi sudah menjadi milik dunia. Karena pencak silat sedang diperjuangkan menuju Olimpiade. Selain mengajarkan sportivitas, pencak silat juga membentuk karakter, bugar secara jasmani dan rohani” ungkapnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed