by

Gusti Prasetiawan Terpilih Sebagai Ketua HAITEK, FPIK IPB University dalam Musyawarah Nasional Pertama

-Berita, News, Politik, Sosial-586 views

Handayaninews.com Jakarta – Himpunan Alumni Ilmu dan Teknologi Kelautan, IPB University atau yang lebih dikenal dengan HAITEK menggelar Musyawarah Nasional (Munas), 15/8 dalam Zoom Online dengan Peserta Se-Indonesia dan Perwakilan Luar Negeri.
.
HAITEK ini merupakan wadah berhimpun bagi Alumni IPB University dari Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dari Pertama Program Studi Berdiri hingga lulusan Akhir Tahun 2021 dalam Kalender Mahasiswa Tahun Akademik.
.
HAITEK beranggotakan para Alumni IPB University mulai dari Angkatan 23 (tahun masuk IPB 1986) atau tahun pertama terbentuknya Program Studi Ilmu dan Teknologi Kelautan. Saat itu IPB University sebagai pionir pembentukan program studi tersebut bersama dengan lima perguruan tinggi lainnya di Indonesia.
.
Departemen ITK IPB University saat ini telah meluluskan lebih dari 1.500 orang alumni lebih dari Angkatan Pertama. Oleh karena, itu dirasa penting untuk membentuk wadah para alumni sehingga dibentuklah HAITEK pada tahun 2015 dan saat ini memasuki kepengurusan periode ketiga. Dalam rangka melanjutkan tongkat estafet dari periode sebelumnya yang diketuai oleh Dr. Ayi Rahmat, maka diadakan Munas Pertama dalam organisasi HAITEK untuk memilih ketua dan pengurus baru Periode 2021-2024.
.
Munas ini diikuti oleh Peserta lulusan angkatan 23 hingga angkatan 53 dengan melibatkan lebih dari 800 Alumni IPB University. Munas dipimpin oleh Alumni ITK FPIK IPB University, Prof Sri Eko Wiyono.
.
Pemilihan Ketua Umum baru HAITEK dilakukan dengan penjaringan terhadap bakal Calon Ketua Umum. Awalnya Pemilihan Ketua Umum HAITEK di Jaring 10 Peserta yang di usulkan dari Perwakilan Angkatan di ITK, kemudian dilakukan Verifikasi berkas terjaring 5 Calon Ketua Umum HAITEK diantaranya Indra Wijaya ITK 31, Bambang Winarmo ITK 25, Gusti Prasetiawan ITK 35, M. Rakif Panguale ITK 47 dan Muhammad Hamim ITK 43. Setelah di umumkan Panitia Munas, dilakukan Pemilihan Online dari 800 lebih Peserta Vote melakukan Pilihan. Akhirnya terdapat tiga kandidat Ketua Umum HAITEK yang akan dipilih pada saat Munas berlangsung. Calon ketua tersebut adalah Bambang Winarno (ITK 25), Indra Wijaya (ITK 31) dan Gusti Prasetiawan (ITK 35).
.
Dalam sambutannya Ketua Departemen ITK FPIK IPB University, Dr. Hawis Madduppa, menyampaikan bahwa sudah saatnya memperkuat kolaborasi antara alumni dan Departemen ITK IPB University untuk menjawab tantangan pada era industri 4.0 saat ini.

“Melalui program merdeka belajar, maka alumni yang berada di dunia usaha dan dunia industry memegang peranan strategis untuk ikut berkontribusi terhadap pelaksanaan pendidikan di perguruan tinggi,” ujarnya.
.
Dengan kontribusi dari alumni tersebut, harapannya adalah mahasiswa bisa mendapatkan pengetahuan lebih banyak terhadap dunia kerja dan dapat mempersiapkan diri menghadapi tantangan dunia kerja ketika lulus nanti.
.
“Masa depan Indonesia berada di laut, oleh karena itu kita harus dapat merapatkan barisan untuk menyongsong masa depan Indonesia penuh cita,” tambahnya.

Mekanisme pemilihan Ketua HAITEK IPB University dilakukan dengan cara musyawarah mufakat setelah para calon memaparkan program kerjanya. Musyawarah tersebut menetapkan Gusti Prasetiawan (ITK 35) sebagai Ketua Umum HAITEK IPB University periode 2021-2024. Ia mengusung visi CONNECTED (Bersama Terhubung Solid dan Kreatif Membawa Manfaat). Sementara, misi yang diusung adalah menghubungkan sesama alumni, Departemen ITK IPB University dan para mahasiswa yang berada di Departemen ITK untuk berkontribusi pada dunia kelautan. Melalui misi tersebut Chief Operating Officer (COO) Tunas Ridean Group ini memiliki tiga program unggulan yaitu memperkuat koneksi antar alumni, memperkuat hubungan dengan Departemen ITK IPB University (bidang riset, magang dan mentoring) dan pengumpulan dana cukup untuk melakukan kegiatan dan aktivitas baik alumni maupun mahasiswa serta beasiswa untuk mahasiswa. (Red/NN).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed